Jumat, 12 November 2010

Manajemen Pemasaran
Pendahuluan-1
         Marketing tidak hanya berarti bagian penjualan suatu perusahaan, ia adalah suatu proses untuk memikirkan dan merencanakan pasar.
         Marketing is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and exchanging products of value with others (Kotler)
         Proses pemasaran diawali dengan penelitian terhadap pasar untuk mengetahui dinamikanya, untuk mengenali peluang.
Pendahuluan-2
         Proses ini meliputi pula segmenting dan memilih pasar sasaran
         A market consists of all the potential customers sharing a particular need or want who might be willing and able to engage in exhange to satisfy the need and want
         STP = segmentation, targeting, positioning adalah inti d/pstrategic marketing
         Setelah itu baru strategi diformulasikan dan bauran pemasaran yang spesifik dijalankan untuk mengoptimalkan kinerja jangka panjang.
Beberapa Pertanyaan Awal-1
1. Samakah penjualan dengan pemasaran?
2.Apakah pemasaran memberikan nilai pada pelanggan dan pemilik saham?
3.Apa yang harus didahulukan, kebutuhan pelanggan atau gagasan tentang produk?
4.Apa yang harus dipertukarkan untuk kesempurnaan pertukaran antara pembeli dan  penjual
Beberapa Pertanyaan Awal-2
         Keputusan apa yang harus dibuat manajer pemasaran untuk secara efektif melayani kebutuhan pelanggan?
         Apa yang dimaksud dengan industri? Apa hubungannya dengan pemasaran?
Beda antara penjualan dan pemasaran
Pabrik --- Barang --- Jual/promosi --- Laba melalui jml penjualan

Pasar ----  Kepuasan ---- Pemasaran ---- Laba melalui  -----Sasaran   pelanggan      Terpadu             kepuasan  pelanggan
Yang harus dipertukarkan antara penjual dan pembeli
         Informasi tentang pasar dan kebutuhan/keinginan pelanggan
         Informasi tentang Barang dan apa yang ditawarkan
         Bentuk Fisik Barang/Jasa
         Uang atau benda bernilai lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar