Manajemen Pemasaran |
Pendahuluan-1 |
• Marketing tidak hanya berarti bagian penjualan suatu perusahaan, ia adalah suatu proses untuk memikirkan dan merencanakan pasar. • Marketing is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and exchanging products of value with others (Kotler) • Proses pemasaran diawali dengan penelitian terhadap pasar untuk mengetahui dinamikanya, untuk mengenali peluang. |
Pendahuluan-2 |
• Proses ini meliputi pula segmenting dan memilih pasar sasaran • A market consists of all the potential customers sharing a particular need or want who might be willing and able to engage in exhange to satisfy the need and want • STP = segmentation, targeting, positioning adalah inti d/pstrategic marketing • Setelah itu baru strategi diformulasikan dan bauran pemasaran yang spesifik dijalankan untuk mengoptimalkan kinerja jangka panjang. |
Beberapa Pertanyaan Awal-1 |
1. Samakah penjualan dengan pemasaran? 2.Apakah pemasaran memberikan nilai pada pelanggan dan pemilik saham? 3.Apa yang harus didahulukan, kebutuhan pelanggan atau gagasan tentang produk? 4.Apa yang harus dipertukarkan untuk kesempurnaan pertukaran antara pembeli dan penjual |
Beberapa Pertanyaan Awal-2 |
• Keputusan apa yang harus dibuat manajer pemasaran untuk secara efektif melayani kebutuhan pelanggan? • Apa yang dimaksud dengan industri? Apa hubungannya dengan pemasaran? |
Beda antara penjualan dan pemasaran |
Pabrik --- Barang --- Jual/promosi --- Laba melalui jml penjualan Pasar ---- Kepuasan ---- Pemasaran ---- Laba melalui -----Sasaran pelanggan Terpadu kepuasan pelanggan |
Yang harus dipertukarkan antara penjual dan pembeli |
• Informasi tentang pasar dan kebutuhan/keinginan pelanggan • Informasi tentang Barang dan apa yang ditawarkan • Bentuk Fisik Barang/Jasa • Uang atau benda bernilai lainnya |
Jumat, 12 November 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar